Lokasi : Kab. Ende, Nusa Tenggara Timur


Rumah Teladan

Menciptakan sebuah ruang bermain, belajar & berdiskusi demi terciptanya masyarakat yg sehat, maju & berwawasan global dengan tetap mempertahankan kearif

Ayu Masita
Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • Rp 300.000

    Terkumpul

  • 0.2%

    Tercapai

Inisiatif berakhir pada 26 May 2018.


Ikhtisar


Menciptakan sebuah ruang bermain, belajar & berdiskusi demi terciptanya masyarakat yg sehat, maju & berwawasan global dengan tetap mempertahankan kearif


Desa Waturaka berada di kabupaten Ende, NTT, tepatnya dibawah Gunung Kelimutu. Menurut Taman Nasional Kelimutu, pada tahun 2017, setidaknya terdapat 91.000 wisatawan yang berkunjung ke Gunung yang terkenal dengan keajaiban tiga warna nya ini. Jumlah ini selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Dalam perjalanan menuju Gunung Kelimutu ini, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam yang menakjubkan di desa-desa sekitarnya, salah satunya adalah Desa Waturaka. Perkebunan dan alam yang dimiliki Desa Waturaka selalu membuat pengunjung terpana. Pertanian di desa ini memang merupakan penyangga utama kebutuhan sayur-mayur penduduk di Kabupaten Ende dan sekitarnya.

Dikelilingi oleh perkebunan nan hijau dan subur dan limpahan mata air (panas dan dingin), perkampungan Waturaka dengan populasi sebanyak 602 jiwa ini, cenderung terlihat kering dan berdebu. Bahkan dimusim tertentu yang membawa angin kencang, banyak masyarakat terserang penyakit, oleh karena debu yang tidak bisa dihindari dan dinginnya suhu udara didalam rumah.

Flores memang telah menjadi daerah wisata yang sangat popular, sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan meningkatnya kesejahteraan dan pendidikan masyarakat di sebagian besar wilayah. Hal ini disebabkan kurangnya peran serta masyarakat dalam pariwisata. Sebagian besar pemilik industri pariwisata yang berhasil dan besar adalah milik pendatang. Kondisi ini juga dapat menjadi bencana bagi Desa Waturaka dan kekayaan alam sekitarnya apabila masyarakatnya tidak disiapkan untuk menghadapi derasnya kebutuhan pendukung pariwisata di sekitar Gunung Kelimutu, seperti kebutuhan lahan untuk fasilitas hotel, restoran, dan alat pendukung wisata lainnya. 

Hal-hal inilah yang mendorong kami melalui program “Rumah Teladan” untuk terlibat mengambil bagian dalam membantu masyarakat lokal untuk dapat berbagi pengetahuan dan keahlian terkait kecakapan hidup sehari-hari (life skills) yang termasuk pengelolaan rumah, kesadaran kesehatan, kesadaran keamanan, pengelolaan makanan-gizi, pengelolaan keuangan, pengelolaan pakaian, kesadaran pribadi sebagai warga negara, pengelolaan waktu luang, kesadaran lingkungan,  kesadaran untuk menguasai sebuah atau beberapa keterampilan, kemampuan menguasai dan menerapkan teknologi, dan lain sebagainya dengan tetap menempatkan nilai dan kearifan lokal; program pariwisata berbasis masyarakat dengan berbagi pengetahuan kepada masyarakat lokal akan cara bijak untuk terlibat aktif sebagai pelaku pariwisata tanpa harus meninggalkan profesinya sebagai petani dan tetap menjaga dan melestarikan alam, budaya serta adat istiadat setempat; dan tentunya progam pelestarian budaya dan tradisi lokal. Rumah Teladan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana ruang bermain dan belajar yang aman untuk anak yang sedang tumbuh berkembang, diluar aktivitas sekolahnya.

Target Kami adalah untuk dapat mengumpulkan dana sebesar Rp. 150,000,000 untuk membangun Rumah Teladan ini. Dana tersebut akan kami gunakan untuk pembelian seluruh material bangunan yang mengunakan bahan-bahan lokal setempat dan dibeli dengan biaya yang adil dan wajar, memperkerjakan pekerja lokal dengan upah yang sesuai, peralatan dan pelatihan dasar terkait permakultur, dan biaya lainnya yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur Rumah Teladan.

Dengan adanya bantuan awal yang cukup signifikan melalui kampanye crowdfunding ini, Kami berharap untuk dapat memulai program yang membawa perubahan berarti dan berkelanjutan.

Jadilah bagian dari pembuat perubahan dan lihat dampak langsung dari kontribusi Anda.

Sebagai penghargaan untuk kontribusi Anda dan ucapan terima kasih Kami, ada beberapa bingkisan kecil dari Kami dan Masyarakat Waturaka:

1.) Sumbangan 50.000 - 500.000 IDR (tanpa batas): Anda akan menerima sebuah e-Postcard yang menggambarkan Rumah Teladan Waturaka.

2.) Donasi 500.000 - 999.000 IDR (100 pax): Nama atau logo bisnis Anda akan tertulis di 'Bambu Ketenaran' yang akan menjadi bagian dari bangunan Rumah Teladan sebagai sebuah memori akan kontribusi besar Anda. Sebuah gambar dengan tongkat bambu dan namamu akan menjadi bagian dari e-Postcard.

3.) Sumbangan 1.500.000 - 1.999.000 IDR (30x) Anda akan mendapatkan keuntungan yang sama seperti nomer 2, dan Anda akan diajak menginap 2 malam secara gratis di salah satu Homestay Waturaka termasuk minuman dan makanan (Syarat & Ketentuan berlaku).

4.) Donasi 2.000.000 - 2.499.000 IDR (30x): Anda akan mendapatkan keuntungan yang sama seperti nomer 2 dan 3, dan ditambah dengan tiket masuk ke Danau Kelimutu.

5.) Donasi 2.500.000 - 4.999.000 IDR (40x): Anda akan mendapatkan manfaat yang sama seperti nomer 2, dan Anda akan diajak menginap gratis selama 1 malam di sebuah pondok wisata ramah lingkungan yang berada di area Rumah Teladan  (Syarat & Ketentuan berlaku).

6.) Sumbangan diatas 5.000.000 IDR: (15x) Anda akan mendapatkan manfaat yang sama seperti nomer 2, ditambah dengan menginap gratis untuk 2 malam di sebuah pondok wisata ramah lingkungan yang berada di area Rumah Teladan  (Syarat & Ketentuan berlaku), dan tiket gratis ke Danau Kelimutu untuk menikmati matahari terbit.

 


Anonymous

Rp 200.000

Such a great project! God speed
kartika oktorina

Rp 100.000

kartika oktorina

Inisiatif Lainnya


Infrastruktur

COMPUTERFORCHANGE - KOMPUTER UNTUK ILYAS & BAIM

Bantu Ilyas dan Baim memiliki computer/laptop untuk membantu mereka meraih cita-cita

IDR 420.000

4.2% Complete
4.2%31 Hari lagi